Modul Ajar Matematika Kelas VI
Madrasah : MIS 19 Kebulen
Kelas : VI
Semester : 1
Tahun Ajaran : 2024/2025
Tema 1: Bilangan Bulat dan Operasi Hitung
A. Capaian Pembelajaran
- Memahami dan menggunakan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari.
- Mengoperasikan bilangan bulat dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.
- Menyelesaikan masalah menggunakan bilangan bulat dalam konteks nyata.
B. Alur Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan konsep bilangan bulat dan sifat-sifatnya.
- Menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.
- Menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian bilangan bulat.
- Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan bilangan bulat.
C. Indikator Ketercapaian Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat:
- Menyebutkan contoh bilangan bulat positif dan negatif.
- Menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat.
- Menggunakan bilangan bulat dalam situasi sehari-hari, seperti suhu dan perubahan ketinggian.
D. Materi Pembelajaran
1. Bilangan Bulat
Bilangan bulat terdiri dari bilangan positif (1, 2, 3, ...), bilangan negatif (-1, -2, -3, ...), dan nol (0). Bilangan bulat digunakan dalam banyak situasi kehidupan, seperti menghitung suhu, perubahan ketinggian, dan transaksi keuangan.
Contoh Gambar: Gambar di bawah ini menunjukkan garis bilangan yang mencakup bilangan bulat positif, nol, dan negatif.
Penjelasan Garis Bilangan:
- Di sebelah kanan nol adalah bilangan bulat positif.
- Di sebelah kiri nol adalah bilangan bulat negatif.
- Nol berada di tengah garis bilangan.
2. Operasi Hitung Bilangan Bulat
- Penjumlahan Bilangan Bulat
Aturan:
- Jika kedua bilangan memiliki tanda yang sama, tambahkan angka-angka tersebut dan beri tanda yang sama.
- Jika kedua bilangan memiliki tanda yang berbeda, kurangi angka yang lebih besar dengan angka yang lebih kecil, kemudian beri tanda bilangan yang lebih besar.
Contoh:
- 5+3=85 + 3 = 85+3=8 (karena sama-sama positif)
- (−4)+(−2)=−6(-4) + (-2) = -6(−4)+(−2)=−6 (karena sama-sama negatif)
- 6+(−4)=26 + (-4) = 26+(−4)=2 (positif dan negatif, kurangi 6 dengan 4)
Contoh Soal:
- 7+(−5)=?7 + (-5) = ?7+(−5)=?
- (−8)+3=?(-8) + 3 = ?(−8)+3=?
- (−6)+(−2)=?(-6) + (-2) = ?(−6)+(−2)=?
- Pengurangan Bilangan Bulat
Aturan pengurangan mirip dengan penjumlahan, namun, saat mengurangi bilangan bulat negatif, anggap bilangan negatif sebagai bilangan positif.
Contoh:
- 9−4=59 - 4 = 59−4=5
- (−7)−(−2)=−5(-7) - (-2) = -5(−7)−(−2)=−5
- 5−(−3)=5+3=85 - (-3) = 5 + 3 = 85−(−3)=5+3=8
Contoh Soal:
- 8−(−6)=?8 - (-6) = ?8−(−6)=?
- (−10)−5=?(-10) - 5 = ?(−10)−5=?
- (−3)−(−7)=?(-3) - (-7) = ?(−3)−(−7)=?
- Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat
Aturan:
- Perkalian atau pembagian dua bilangan dengan tanda yang sama hasilnya positif.
- Perkalian atau pembagian dua bilangan dengan tanda yang berbeda hasilnya negatif.
Contoh:
- 4×5=204 \times 5 = 204×5=20
- (−3)×6=−18(-3) \times 6 = -18(−3)×6=−18
- (−7)×(−2)=14(-7) \times (-2) = 14(−7)×(−2)=14
Contoh Soal:
- (−9)×5=?(-9) \times 5 = ?(−9)×5=?
- 8×(−4)=?8 \times (-4) = ?8×(−4)=?
- (−6)×(−3)=?(-6) \times (-3) = ?(−6)×(−3)=?
3. Soal Cerita Bilangan Bulat
Soal cerita membantu siswa menerapkan konsep bilangan bulat dalam situasi sehari-hari. Misalnya, suhu udara atau perubahan ketinggian.
Contoh:
-
Pada pagi hari, suhu di kota A adalah 5∘C5^\circ C5∘C. Pada malam hari, suhu turun 10∘C10^\circ C10∘C. Berapa suhu malam hari di kota A? Jawaban: 5∘C−10∘C=−5∘C5^\circ C - 10^\circ C = -5^\circ C5∘C−10∘C=−5∘C
-
Seseorang berada pada ketinggian 100 meter di atas permukaan laut. Ia turun 150 meter ke lembah. Berapa posisi ketinggian sekarang? Jawaban: 100−150=−50100 - 150 = -50100−150=−50 meter (di bawah permukaan laut).
Contoh Soal:
- Suhu awal adalah 15∘C15^\circ C15∘C. Jika turun 20∘C20^\circ C20∘C, berapa suhu akhir?
- Seorang pendaki berada di ketinggian 250 meter, kemudian turun 400 meter. Di mana posisi pendaki tersebut sekarang?
- Sebuah elevator naik dari lantai 0 ke lantai 5, kemudian turun ke lantai -3. Berapa total perubahan lantainya?
E. Aktivitas Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit):
- Guru memulai dengan menampilkan garis bilangan di papan tulis dan menjelaskan tentang bilangan positif, negatif, dan nol.
- Siswa diminta untuk memberikan contoh bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari (misal: suhu, uang, dll.).
Kegiatan Inti (60 menit):
- Siswa melakukan latihan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di buku kerja.
- Guru memberikan soal cerita dan meminta siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikannya.
- Siswa diberikan kuis interaktif tentang operasi bilangan bulat menggunakan alat bantu visual seperti kartu angka.
Penutup (10 menit):
- Guru merangkum materi yang telah dipelajari.
- Siswa diminta untuk mengerjakan pekerjaan rumah berupa soal latihan.
F. Penilaian
Penilaian Formatif:
- Kuis bilangan bulat (penjumlahan dan pengurangan).
- Tugas kelompok: Menyelesaikan soal cerita bilangan bulat.
Penilaian Sumatif:
- Ujian tengah semester mencakup soal pilihan ganda dan soal cerita.
G. Refleksi Pembelajaran
Siswa akan diminta untuk menuliskan apa yang telah mereka pelajari hari ini dan bagaimana mereka dapat menerapkan pengetahuan ini dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat mengukur suhu atau menghitung perubahan ketinggian.
Pekalongan, Juli 2024
Kepala Guru Mapel
..................... ,.... ...........
Modul Ajar Matematika Terlengkap Kelas VI MIS 19 Pekalongan
Baca juga: Latihan Soal IPS Kelas 5Latihan Soal IPS Kelas 5
Petunjuk
1. Berdoa dahulu dengan membaca Bismillah, semoga dimudahkan.
2. Kerjakan dengan teliti
3. Kerjakan sendiri, jangan bertanya teman
4. Waktu mengerjakan soal 60 menit
5. Klik link berikut
6 |
Tag :